Search This Blog

Total Pageviews

Friday, December 9, 2011

Tugas Analisis dan Estimasi Biaya (Botol Minum Sport)




TUGAS

ANALISIS DAN ESTIMASI BIAYA

(PRODUK BOTOL MINUM SPORT)


Disusun Oleh:

Nama / NPM : 1. Ade Panji Laras K. / 33409502

2. Finza Swastiko R. / 31409542

3. Ifan Meiyaludin / 36409302

4. Jack Joe / 31409795

Kelas : 3ID03

Mata Kuliah : Analisis dan Estimasi Biaya

Dosen : Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M.Sc.


JURUSAN TEKNIK INDUSTRI

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

UNIVERSITAS GUNADARMA

BEKASI

2011



1. Deskripsi Produk

Produk yang dibuat adalah botol minum sport dengan merk Tirta Fresh sebagai pelengkap kebutuhan berolahraga masyarakat Indonesia. Fungsi dari produk ini adalah sebagai tempat menyimpan minuman yang ingin dibawa pada saat berolah raga. Botol minum ini dibuat dengan tiga jenis bahan dasar, yaitu plastik, karet, dan kaca. Berat kosong dari botol minum ini adalah 350 gram, sedangkan kapasitas isinya adalah sebanyak 750 ml. Tinggi botol 22 cm, diameter alas 7 cm, dan diameter tutup 3 cm. Terdapat beberapa inovasi yang diberikan pada botol minum sport Tirta Fresh, sehingga produk ini memiliki keunggulan dibandingkan botol minum lainnya. Fitur tambahan yang diberikan pada botol ini antara lain tahan benturan, mampu menjaga suhu minuman, desain ergonomis, bagian tutup dapat diputar atau ditarik, terdapat bagian pelindung tutup botol, terdapat supplement box, dan tali.

Botol ini dapat tahan benturan karena bagian luarnya dilapis dengan bahan karet yang dapat meredam benturan. Suhu minuman dapat tetap stabil karena bagian dalam botol ini dilapisi oleh kaca dan karet. Kaca dapat mencegah terjadinya perpindahan kalor secara radiasi, sedangkan karet dapat mencegah perpindahan kalor secara konduksi. Bagian dalam tutup botol ini dilapis juga dengan bahan karet yang rapat untuk mencegah kebocoran dan mencegah perpindahan kalor secara konveksi. Bentuk botol minum sport Tirta Fresh didesain secara ergonomis, sehingga nyaman digenggam. Tutup botol ini dirancang agar dapat dibuka dengan cara diputar atau ditarik. Jika ingin meminum secara langsung, tutup dapat dibuka dengan cara diputar. Jika ingin meminum dengan cara menyedot, maka tutup dapat dibuka dengan cara ditarik. Tutup botol juga dilengkapi dengan bagian pelindung yang menjaga agar tutup botol tetap bersih, terhindar dari kontak langsung dengan udara bebas. Supplement box dapat digunakan sebagai tempat menyimpan supplement atau vitamin yang perlu dibawa dan ingin diminum setelah berolah raga. Botol minum ini juga menjadi lebih mudah dibawa dan digantung dengan adanya tali. Gambar berikut ini menunjukkan bentuk fisik produk botol minum sport Tirta Fresh.


Selain Deskripsi produk, masih ada juga pembahasan mengenai proses produksi dan proses estimasi biaya. Tugas kelompok saya ini selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik link di bawah ini:

http://www.ziddu.com/download/17750102/JackJoe_3ID03.doc.html

3 comments:

  1. bahan plastik harus bagus seperti botol NALGENE, KORWATER, pakai plastik eastman tritan. atau favorit saya botol POLARBOTTLE mantap ada insulasi thermal

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete