Search This Blog

Total Pageviews

Sunday, January 15, 2012

Present Worth Analysis

1. Periode Analisis Sama dengan Usia Proyek

Mari kita mulai menganalisis dengan situasi yang paling sederhana, di mana usia proyek sama dengan periode analisis. Pada kasus ini, nilai PW dihitung untuk setiap proyek dan dipilih salah satu yang nilai PW-nya tertinggi. Contoh 5.5 berikut mengilustrasikan hal tersebut.

Membandingkan Dua Alternatif yang Saling Terpisah Satu Sama Lain

Ansell, Inc adalah sebuah produsen alat-alat medis, menggunakan udara bertekanan dalam solenoid dan tombol tekanan pada mesin untuk mengendalikan berbagai tindakan mekanis. Selama bertahun-tahun, lantai produksi sudah mengubah tata letak beberapa kali. Setiap tata letak yang baru, memerlukan penambahan pipa untuk sistem saluran udara bertekanan supaya mengakomodasi lokasi baru dari mesin manufaktur. Pipa tua dan tidak terpakai ditutup atau dilepas; sehingga sistem saluran udara bertekanan saat ini tidak efisien dan banyak kebocoran. Karena kebocoran pada sistem saat ini, kompresor diharapkan dapat berfungsi 70% dari waktu operasi pabrik tersebut selama tahun yang akan datang. Penggunaan berlebihan seperti ini akan membutuhkan listrik 260 kWh dengan biaya sebesar $0.05/kWh (Pabrik beraktivitas 250 hari setahun, 24 jam per hari). Ansell dapat menujukan persoalan ini pada salah satu dari dua pilihan berikut:

Pilihan 1:

Lanjutkan operasi saat ini: Jika Ansell melanjutkan untuk beroperasi dengan sistem saluran udara saat ini, waktu operasi dari kompresor akan bertambah sebesar 7% per tahun selama 5 tahun ke depan, karena kebocoran yang memburuk (Setelah 5 tahun, sistem saluran udara saat ini tidak dapat sesuai dengan tingkat kebutuhan udara bertekanan pabrik, jadi saluran tersebut kelak harus diganti).

Pilihan 2:

Mengganti pipa yang lama sekarang, jika Ansell memutuskan untuk mengganti semua pipa yang lama sekarang, maka membutuhkan biaya sebesar $28570. Kompresor akan tetap berfungsi untuk jumlah hari yang sama, bagaimana pun, kompresor akan mengalami kekurangan fungsi sebesar 23% (atau akan menyediakan 70%(1-0.23) = 53.9% pemakaian per hari) karena adanya penurunan tekanan udara.

Jika tingkat bunga majemuk 12% per tahun, apakah layak jika memperbaiki sistem saluran udara sekarang?


Penyelesaian:

Diketahui: Konsumsi energi saat ini (g) = 7%, i = 12%, dan N = 5 tahun.

Ditanyakan: A1 dan P.

Langkah 1:

Kita perlu menghitung biaya konsumsi energi pada sistem pipa saat ini selama tahun pertama. Konsumsi energi ditentukan dengan cara:

Biaya energi = % hari operasi x jumlah hari operasi per tahun x jumlah jam per hari x kWh x $/kWh

= (70%) x (250 hari/tahun) x (24 jam/hari) x (260 kWh) x ($0.05/kWh)

= $54440


Langkah 2:

Setiap tahun, jika sistem pipa saat ini dibiarkan di tempatnya, biaya energi tahunan akan bertambah dengan tingkat bunga 7% dari biaya tahun sebelumnya. Biaya energi yang diantisipasi selama periode 5 tahun dirangkum dalam Gambar 5.10. Persamaan biaya tunai saat ini pada tingkat bunga 12% untuk seri gradien geometris adalah:

POption 1 = $54440(P/A1, 7%, 12%, 5)

= $222283


Langkah 3:

Jika Ansell mengganti sistem saluran udara bertekanan saat ini dengan yang baru, biaya energi tahunan akan berkurang sebesar 23% selama tahun pertama dan akan bersisa pada tingkat tersebut selama 5 tahun berikutnya. Persamaan biaya tunai saat ini pada tingkat bunga 12% adalah:

P Option 2 = $54440(1 – 0.23) (P/A, 12%, 5)

= $151109


Langkah 4:

Biaya bersih dari tidak mengganti sistem saluran lama sekarang adalah $71174 ( = $222283 - $151109). Biaya sistem saluran baru hanya $28570, maka sistem saluran udara bertekanan tersebut sebaiknya langsung diganti sekarang.



2. Periode Analisis Berbeda dengan Usia Proyek

Pada contoh 5.5, kasus tersebut jarang terjadi dalam kehidupan nyata. Biasanya riwayat proyek tidak cocok dengan periode analisis yang dibutuhkan atau tidak cocok satu sama lain. Sebagai contoh, dua mesin mungkin menunjukkan fungsi yang sama, tetapi salah satu lebih lama daripada yang lain, dan keduanya lebih lama daripada periode analisis yang dipertimbangkan. Pada bagian dan contoh berikutnya, kita akan mengembangkan beberapa teknik untuk menghadapi komplikasi seperti ini.

Berdasarkan pertimbangan kasus dari sebuah perusahaan yang menjalankan sebuah proyek produksi 5 tahunan ketika semua alternatif pilihan perlengkapan memiliki usia kegunaan selama 7 tahun. Dalam kasus ini, kita menganalisis setiap proyek hanya untuk selama periode pelayanan yang diperlukan (dalam kasus ini 2 tahun), di mana kita memasukkan nilai sisa (salvage value) dalam analisis. Nilai sisa (salvage value) adalah jumlah uang dari perlengkapan yang dapat dijual setelah digunakan dalam proyek atau ukuran nilai uang dari sisa kegunaannya.

Contoh usia proyek umum yang lebih lama daripada periode analisis terjadi pada industri konstruksi, di mana bangunan proyek mungkin memiliki waktu penyelesaian yang relatif singkat, tetapi peralatan yang dibeli (alat-alat listrik, traktor, dan sebagainya) memiliki umur kegunaan yang lebih lama.

a. Perbandingan Nilai Sekarang (Present Worth Comparison): Umur proyek lebih lama daripada periode analisis

Waste Management Company (WMC) telah memenangkan sebuah kontrak yang mengharuskan perusahaan tersebut melenyapkan material radioaktif dari dari property milik pemerintah dan mentransportasikannya ke tempat pembuangan yang telah tersedia. Pekerjaan ini membutuhkan sebuah bulldozer untuk menggali dan menampung material tersebut ke kendaraan pengangkut. Kira-kira 400 ribu ton limbah harus dipindahkan dalam periode dua tahun. Terdapat dua kemungkinan model bulldozer yang dapat dibeli WMC untuk pekerjaan ini:

Model A biayanya $150000 dan memiliki usia 6000 jam sebelum membutuhkan pemeriksaan yang benar-benar teliti. Dua unit model A akan membutuhkan waktu 2 tahun untuk memindahkan material. Biaya operasional untuk setiap unit adalah sebesar $40000 per tahun selama 2000 jam operasi. Pada tingkat operasional ini, setiap unit akan dapat dioperasikan selama 3 tahun, dan pada akhir tahun, diestimasikan bahwa nilai sisa akan sebesar $25000 untuk setiap mesin.

Model B yang lebih efisien biayanya $240000 setiap unit dengan usia 12000 jam sebelum membutuhkan pemeriksaan teliti, dan biayanya $22500 untuk operasi selama 2000 jam per tahun untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut selama 2 tahun. Nilai sisa yang diestimasikan untuk model B pada akhir tahun ke enam adalah $30000. Sekali lagi, dua unit dari model B akan dibutuhkan.

Jika usia tiap model melebihi periode 2 tahun penggunaan yang diperlukan, WMC harus mengasumsikan beberapa hal tentang perlengkapan yang digunakan pada akhir waktu. Oleh sebab itu, para teknisi di WMC memperkirakan bahwa setelah 2 tahun, setiap unit model A dapat dijual senilai $45000 dan setiap unit model B sebesar $125000. Setelah mempertimbangkan semua efek pajak, WMC merangkum hasil dari arus kas / cash flow (dalam ribuan dolar) untuk setiap proyek sebagai berikut:


Untuk melihat keseluruhan isi artikel ini dengan jelas, silakan kunjungi situs:


http://www.ziddu.com/download/18238398/Presentworthanalysis.docx.html



No comments:

Post a Comment