Search This Blog

Total Pageviews

Saturday, November 27, 2010

Kerupuk Ampas Tahu

Ide yang sangat bagus ketika kita merintis usaha dengan mengolah bahan yang tidak bermanfaat menjadi produk baru yang jarang dijumpai oleh masyarakat. Terdapat banyak limbah atau bahan yang tidak berguna di sekitar kita, salah satunya adalah ampas tahu. Ampas tahu merupakan hasil sampingan yang diperoleh dari proses pembuatan tahu kedelai. Ampas ini biasanya dimanfaatkan untuk pakan ternak dan sebagian lainnya digunakan oleh beberapa masyarakat perdesaan untuk diolah menjadi bahan pembuat tempe gembus.


Kandungan gizi pada ampas tahu terdiri dari protein 8,66%; lemak 3,79%; air 51,63% dan abu 1,21%. Berdasarkan kandungan gizinya, maka ampas tahu sangat memungkinkan untuk diolah menjadi bahan makanan yang beragam variasinya. Salah satu gagasan yang unik dan sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh para perintis UKM adalah potensi ampas tahu untuk dimanfaatkan menjadi kerupuk yang bernilai tambah lebih tinggi.


Pemanfaatan limbah tahu ini merupakan suatu gagasan peluang usaha yang cemerlang untuk merintis sebuah industri kecil (UKM) dengan biaya murah bagi masyarakat. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan kerupuk ini adalah ampas tahu yang harganya sangat murah, mudah didapat dan dapat diperoleh tanpa mengenal musim.


Pembuatan kerupuk ampas tahu mudah dilakukan. Dalam pembuatan kerupuk ampas tahu, bahan pencampur yang digunakan adalah tepung tapioka sebagai pengikat ampas dan bumbu yang digunakan adalah soda kue, pemutih makanan, garam, penyedap kaldu, monosodium glutamat, bawang putih dan ketumbar.

Berikut ini akan diuraikan pengolahan ampas tahu menjadi kerupuk ampas tahu:


Alat:

- Baskom

- Pengukus

- Pengaduk

- Kompor

- Penggorengan

- Loyang

- Tampah

Bahan :

Bahan A

- 1500 gr ampas tahu yang sudah dipress

- 20 gr pemutih makanan

- 20 gr soda kue

- 15 gr garam

- 2 bks penyedap kaldu

- 5 gr monosodium glutamat

- 25 gr bawang putih (dihaluskan)

- 2 sdt ketumbar(dihaluskan)

Bahan B

- 600 gr tepung tapioka


Cara Membuat :

· Campurkan Ampas tahu + pemutih makanan.

· Tambahkan bahan A yang lain.

· Tambahkan bahan B, campur dan diuleni.

· Cetak dan padatkan pada loyang.

· Lepaskan dari loyang, kukus sampai masak (1 – 2 jam).

· Angin-anginkan sampai keras 3-5 hari dan iris tipis-tipis kemudian dikeringkan. Terakhir, goreng dalam minyak panas.



1 comment: