Search This Blog

Total Pageviews

Friday, November 26, 2010

Manfaat Ampas Tahu sebagai Pakan Ternak

Tahu adalah makanan yang banyak mengandung protein nabati. Tahu merupakan salah satu bahan pangan yang mudah dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak produsen tahu di Indonesia, mulai dari tingkat usaha kecil dan menengah hingga produsen yang berupa pabrik tahu. Fakta tersebut juga secara tidak langsung menyebabkan surplus produksi ampas tahu atau sisa dari pembuatan tahu. Ampas tahu belum banyak dimanfaatkan. Sebaian besar orang menganggap ampas tahu sebagai limbah yang tidak berguna, oleh sebab itu ampas tahu kurang mempunyai nilai ekonomis.

Jika kita mengkaji lebih lanjut, sesungguhnya ampas tahu tadi masih bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang banyak kandungan proteinya. Saat ini belum banyak peternak yang memanfaatkan ampas tahu tadi sebagai pakan tambahan bagi ternaknya selain konsentrat. Ampas tahu bermanfaat untuk mempercepat proses pertumbuhan ternak. Jika dikalkulasi dari segi ekonomi, peternak akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Selama ini stok ampas tahu masih melimpah, harganyapun masih sangat murah. Lebih murah jika dibandingkan dengan harga konsentrat. Haraganya kira kira sekitar 9-12 ribu per karung (±60-80kg). Sehingga masih sangat menguntungkan bagi para peternak. Peternak mengalani keuntungan yang lebih karena dengan sedikit pengeluaran tambahan untuk membeli ampas tahu tetapi hasil yang didapat akan lebih banyak. Waktu perawatan/pertumbuhan ternak lebih cepat karena asupan protein bagi ternak lebih tinggi.
Ampas tahu dapat dijadikan pakan bagi berbagai jenis ternak diantaranya:

1. Pakan Ternak Sapi
Pemanfaatan ampas tahu sangat efektif pada sapi potong. Sapi yang diberi makan ampas tahu akan mengalami pertambahan berat badan yang lebih cepat. Biasanya pemberian ampas tahu sebagai bahan pangan sapi dicampur dengan bekatul yang diberi air dan lebih baik lagi jika dicampur dengan ketela yang telah dicacah maka pertambahan atau pertumbuhan sapi akan lebih optimal.

2. Pakan Ternak Babi
Babi dapat mengalami pertumbuhan yang lebih cepat jika diberi pakan ampas ini karena kebutuhan protein dan gizinya terpenuhi. Bahkan babi pun tetap suka dengan ampas tahu yang sudah berhari-hari. Sementara ini penggunaan ampas tahu pada ternak babi paling besar dibanding pada ternak-ternak yang lain. Kandungan gizi dalam ampas tahu masih cukup banyak, oleh sebab itu ampas tahu dapat dijadikan pakan bagi babi.

3. Pakan Ternak Kambing
Pemanfaatan ampas tahu sangat efektif pada kambing untuk mempercepat peningkatan berat badan dan juga untuk membuat rambut pada kambing lebih mengkilat dan halus. Asupan gizi dari ampas tahu mampu membuat produksi daging atau pun susu kambing meningkat.

4. Pakan Ternak Kelinci
Kelinci yang diberi pakan ampas juga mempunyai berat dan ukuran yang cukup optimum. Apalagi buat kelinci pedaging, daging yang dihasilkan lebih banyak, juga bulu menjadi lebih mengkilap dan perawatan pakan lebih praktis. Juga tidak ada efek samping dari penggunaan ampas tahu.

5. Pakan Ternak Bebek
Pada bebek ampas tahu dapat diberikan sebagai pengganti konsentrat, selain harganya murah ampas tahu juga mempercepat pertumbuhan bebek-bebek yang kemudian juga menghasilkan daging dan telur. Dengan demikian biaya produksi telur bebek lebih ringan. Para peternak bebek dapat menghemat beaya, karena dengan pakan ampas sebagai pengganti konsentrat akan menekan beaya pemeliharaan sehingga keuntungan dapat meningkat.

6. Pakan Ternak Bandeng
Saat ini belum banyak yang menggunakan ampas tahu sebagai pakan bandeng tetapi para pengelola tambak bandeng di daerah pesisir utara sudah mulai menggunakannya. Harga pellet yang cukup tinggi membuat ampas tahu layak dijadikan sebagai alternatif bagi pakan bandeng untuk menghemat pengeluaran para peternak bandeng.

Barang limbah tidak selamanya merugikan atau tidak berguna. Berguna atau tidaknya suatu limbah tergantung bagaimana kita dapat berinisiatif dan berinovasi untuk menjadikannya lebih berguna. Oleh karena itu, limbah-limbah yang dinilai kurang memiliki nilai ekonomis sesungguhnya dapat dijadikan lebih berguna dan bahkan dapat memiliki nilai ekonomis tinggi bila kita ada kemauan dan cerdik dalam memanfaatkannya. Seperti halnya ampas tahu, dahulu dipandang sebelah mata tetapi sekarang punya nilai jual. Hal ini menguntungkan bagi semua pihak, bagi pemilik pabrik pembuat tahu dapat uang tambahan dari sisa produksi tahu (ampas tahu) yang dulunya dibuang, dan bagi peternak beruntung karena dapat mendapat pakan ternak murah dengan kandungan protein yang tinggi.

3 comments:

  1. Terimkasih atas informasinya, kami selaku mitra usaha peternak, koperasi atau perusahaan bersedia membantu dalam penyediaan milkcan dan ember perah susu stainless dan alumunium dengan berbagai type dan ukuran, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi Koleksi Milkcan stainless

    ReplyDelete
  2. trim's informasinya....tapi gmn caranya agar sapi mau makan ampas tahu tersebut.....berkali-kali dicoba sapinya tidak mau memakannya.....mohon saran...

    ReplyDelete
  3. Sedia sago 'hampas' untuk pakan ternak. Sago 'hampas' mengandung sekitar 66% karbohidrat, 3.84% protein, 1.48% lemak dan 14% serat kasar. Bagi yang berminat dapat menghubungi rudy.dermawan@gmail.com

    ReplyDelete