Search This Blog

Total Pageviews

Monday, November 15, 2010

Tugas ke-1 (Teknik Tenaga Listrik)

Tugas 1 (Teknik Tenaga Listrik)

Pertanyaan:

1. Peralatan apa saja yang diperlukan dalam sistem pengadaan energi listrik untuk industri dan rumah tangga?

2. Gambar dan terangkan cara mengubah energi serta peralatan yang diperlukan!

Jawab:

1. Dalam teknik tenaga listrik, baik itu arus searah maupun arus bolak-balik, dikenal sistem pengadaan energi listrik sebagai berikut:

a. Pembangkit

Sebagai sumber tenaga listrik yang antara lain berupa PLTA, PLTU, PLTD, PLTN, dan sebagainya.


b. Transmisi

Sebagai jaringan untuk menyalurkan tenaga listrik dari pembangkit ke beban atau ke jaringan distribusi.


c. Distribusi

Sebagai jaringan yang menyalurkan tenaga listrik ke konsumen atau pemakai.


Sistem pengadaan energi listrik ini dapat digambarkan sebagai berikut:




2. Dalam sistem tenaga listrik dikenal peralatan yang mengubah energi listrik, baik dari energi listrik ke energi mekanis, maupun sebaliknya serta mengubah energi listrik dari rangkaian atau jaringan yang satu menjadi energi listrik yang lain pada rangkaian atau jaringan berikutnya, yang dapat digambarkan sebagai berikut:



Dalam gambar perubahan energi di atas, peralatan atau piranti yang dipergunakan adalah generator, motor, dan transformator.

a. Generator adalah piranti atau peralatan listrik yang dapat digunakan untuk mengubah energi mekanis menjadi energi listrik, dapat berupa generator arus searah maupun generator arus bolak-balik.

b. Motor adalah piranti atau peralatan listrik yang dapat digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanis, juga dapat berupa motor arus searah maupun motor arus bolak-balik.

c. Transformator (trafo) yaitu peralatan listrik yang dapat digunakan untuk mengubah energi listrik yang satu ke energi listrik yang lain di mana tegangan keluaran (output) dapat dinaikkan atau diturunkan oleh alat ini sesuai dengan kebutuhan.


Generator maupun motor dapat disebut mesin listrik karena generator dapat berupa generator arus searah dan generator arus bolak-balik, demikian pula motor, sehingga mesin listrik juga dapat dibagi:

a. Mesin arus searah:

i. Berpenguatan bebas

ii. Berpenguatan sendiri terdiri atas:

- Mesin Shunt

- Mesin Seri

- Mesin Kompon

b. Mesin arus bolak-balik (termasuk trafo) terdiri atas:

i. Mesin Asinkron atau Mesin Tak Serempak atau Mesin Induksi

ii. Mesin Sinkron atau Mesin Serempak.

Dalam memahami Mesin Listrik tersebut terlebih dahulu harus diketahui karakter medan magnet dan medan listrik, karena medan ini yang menjadi media di mana terjadi perubahan energi baik dari listrik ke mekanis maupun sebaliknya atau dari listrik ke listrik itu sendiri.


No comments:

Post a Comment